12 Tips Cara Hemat Baterai Xiaomi

Hemat Baterai Xiaomi - Daya tahan baterai smartphone kini menjadi salah satu yang harus dipikirkan benar-benar. Kapasitas baterai akan menentukan berapa lama sebuah smartphone dapat digunakan. Brand xiaomi termasuk salah satu produsen smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang besar. Hampir semua produk xiaomi memiliki kisaran kapasitas baterai 3000-4000 mAh. 
Namun, apakah kamu pernah mengalami smartphone xiaomi kamu hanya bertahan 1/2 hari atau bahkan mungkin kurang. Padahal kapasitas baterai besar tapi kenapa hanya dapat digunakan 1/2 hari?. Mungkin ini yang menjadi pertanyaa MiFans semua.
Oleh karena itu, xiaomiku dot net akan membahas bagaimana cara menghemat baterai xiaomi. Tips-tips ini dapat MiFans gunakan untuk menjaga daya tahan baterai smartphone xiaomi kalian. Berikut adalah cara hemat baterai xiaomi  :
cara tepat menghemat baterai xiaomi

1. Tips pertama, kamu harus menginstall aplikasi yang perlu-perlu saja. 

Ini nih salah satu kebiasaan pengguna smartphone android. Karena android bersifat open source jadi banyak aplikasi yang tersedia di Google PlayStore. Salah satu kebiasaan buruk pengguna android adalah menginstall berbagai macam aplikasi di smartphonenya. Padahal aplikasi tersebut tidak terpakai alias akan menjadi file sampah. Selain dari game HD yang menguras banyak sekali daya baterai, aplikasi media sosial juga salah satu faktornya. Contohnya ketika kamu menggunakan aplikasi Facebook, Whatsapp, BBM, Kakaotalk, LINE, Instagram, Beetalk dan lainnya. Pilih beberapa aplikasi media sosial yang menurut kamu penting dan digunakan oleh orang-orang terdekat kamu. Dengan menggunakan aplikasi media sosial semakin akan mengurangi beban baterai smartphone xiaomi kamu.

2. Tips kedua, kamu harus mengaktifkan mode auto close app 

Fitur ini termasuk salah satu keunggulan dari rom miui yang dimiliki smarpthone xiaomi. Auto close app akan membersihkan memori RAM smartphone kalian setelah smartphone dalam keadaan sleep. Jadi ketika kamu mengunci aplikasi yang sedang  kamu pakai lalu pilih recent app lalu swipe ke bawah aplikasi yang ingin dikunci sampai muncul ikon gembok. Cara mengaktifkan auto close app : Buka Pengaturan --> Pilih baterai --> Pilih Profile --> Tambah Profile --> Pilih opsi bersihkan memori --> Pilih 1 menit --.> Untuk pengaturan lainnya sesuaikna dengan  selera kamu --> Aktifkan profil tersebut.
3. Tips ketiga, bersihkan file sampah minimal 1 minggu sekali 
Untuk tips ketiga ini, kamu harus membersihkan file-file sampah yang tidak berguna seperti history browsing, cache aplikasi, dan file-file yang tidak berguna. Untuk membersihkan file sampah kamu cukup pergi ke Pengaturan --> Pilin aplikasi keamanan --> Pilih pembersih/cleaner --> Tekan tombol scan --> Tunggu hingga selesai. Lakukan pembersihan file sampah setiap 1 minggu sekali.
4. Tips keempat, atur brightness ponsel xiaomi kamu.
Kecerahan sebuah layar ponsel akan menentukan berapa banyak daya baterai yang dihabiskan untuk ponsel. Tersebut semakin cerah maka akan menguras baterai semakin banyak pula. Oleh sebab itu, kamu harus mengatur brightness ponsel xiaomi kamu. Cara mengatur kecerahan ponsel xiaomi :

tips hemat baterai xiaomi

5. Tips kelima, ubah settingan jaringan ke 2G.
Dengan mengubah pengaturan jaringan ke 2G akan menghemat baterai xiaomi kita. Namun, dengan  mengubah pengaturan ini maka kecepatan internet kita akan juga menurun. Tapi, kalau untuk aplikasi chatting seperti BBM, WA, Kakaotalk, dan lainnya. Hal ini tidak akan menggangu sama sekali.  Cara mengubah settingan jaringan ponsel xiaomi :Masuk Setting --> Pilih Mobile networks --> Pilih Preferred network type --> Pilih 2G networks only (saves battery).
cara hemat baterai xiaomi


6. Tips keenam, matikan WIFI, Bluetooth, dan GPS.
Dengan menonaktifkan fitur-fitur seperti diatas akan menghemat baterai ponsel xiaomi kamu jauh lebih besar. Hal ini karena ponsel tidak akan mencari-mencari wifi, bluetooth dan GPS. Untuk cara mematikan fitur-fitur adalah mudah lewat menu di layar utama xiaomi.
tips baterai xiaomi tahan lama


7. Tips ketujuh, matikan location service.
Selain bluetooth, WIFI, dan GPS. Location Service juga yang merupakan faktor cepat habisnya baterai. Apabila saat kamu tidak menggunakan GPS maka lebih baik dinonaktifkan fitur ini. Cara menonaktifkan location service : Setting --> Location Service --> Switch OFF Location service.
cara hemat baterai xiaomi


8. Tips kedelepan, atur sleep display xiaomi kamu.
Mengatur sleep display akan lebih menghemat baterai xiaomi kamu. Jadi ketika ponsel tidak digunakan dalam beberapa detik ponsel akan otomatis tertidur. Hal ini akan lebih jauh menghemat baterai kamu. Kami merekomendasikan atur sleep display pada 15 detik. Dengan mengatur seperti itu akan menghemat 50% baterai kamu. Cara mengatur sleep display : Setting --> Display --> Sleep --> 15 Second
tips menghemat baterai xiaomi



9. Tips kesembilan, menonaktifkan screensaver.
Untuk menonaktifka screensaver ponsel xiaomi adalah sebagai berikut : Masuk Setting --> Display --> Screensaver.
menghemat baterai xiaomi
10. Tips kesepuluh, nyalakan mode power saving.
Seperti pada laptop, ponsel xiaomi juga memiliki mode power saving. Mode ini adalah mode dengan meminimalkan fitur-fitur yang digunakan untuk menghemat baterai. Cara untuk mengaktifkan mode power saving : Security --> Power --> Battery saver --> Switch ON Battery saver.
cara mudah menghemat baterai ponsel

11. Tips kesebelas, Nyalakan tombol back sebagai kill app.
Mengatur tombol back sebagai kill app, menjadi salah satu tips untuk menghemat baterai ponsel xiaomi kalian. Cara untuk menyalakan fitur ini adalah : Masuk ke pengaturan --> Pilih Additional Options/Pengaturan Tambahan --> Pilih Tombol --> Pada bagian opsi "Tekan Lama Tombol Navigasi", pilih tombol back mejadi tutup apl.
12. Tips Terakhir, Nonaktifkan Mode Getar dan Suara.
Mugkin hal ini dianggap sepele, namun getar dan suara menjadi salah satu yang menyebabkan baterai cepat habis. Bagaimana kalau kamu mengatur getar dan suara pada setiap notifikasi akun media sosial kamu. Padahal kamu mempunyai beberapa akun sosial media. Untuk itu lebih baik fitur ini dinonaktifkan. Cara untuk menonaktifkan Getar :  Settings > Sound > Vibration Level > Light. Dan untuk menonaktifkan Suara : Settings > Sound > Nonaktifkan Dial pad touch tones, Touch sounds, Screen lock sound dan Vibrate on touch. Nonaktifkan beberapa fitur seperti : Dial pad touch tones, Touch sounds, Screen lock sound dan Vibrate on touch.


cara tepat menghemat baterai xiaomi



Demikian adalah tips cara menghemat baterai xioami. Semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat untuk MiFans semua. Dengan ponsel yang dapat bertahan lama, maka kamu lebih efisien dalam menggunakan ponsel kamu. Sekian dari xiaomiku dot Net. Jangan lupa share info ini ke temen kamu ya.

sumber:xiamiku(dot)net

1 Response to "12 Tips Cara Hemat Baterai Xiaomi"